RAMALAN ILMIAH

-

GEMPA BUMI DAHSYAT MENGANCAM INDONESIA

-

GEMPA

-

Asia-Pasifik menghadapi sebuah era bencana alam dalam skala besar yang bisa menewaskan sampai 1 juta orang pada satu waktu. Indonesia, Filipina, dan China mempunyai risiko yang paling besar menurut sebuah laporan ilmiah dari Australia hari Jumat lalu (26 Desember 2008). Masalahnya, bencana terjadi di daerah padat penduduk serta perubahan iklim yang meningkatkan potensi bencana.

-

Prediksi itu dilakukan ilmuwan Australia yang menganalisis potensi gempa bumi, tsunami, letusan gunung dan topan berdasarkan pola gempa 400 tahun terakhir. Kajian itu menemukan, kota-kota di sabuk Himalaya, China, Indonesia, dan Filipina dapat mengalami gempa bumi dengan korban tewas bisa mencapai 1 juta orang. Indonesia dan Filipina juga menghadapi risiko gunung meletus yang bisa mempengaruhi ratusan ribu orang.

-

Demikianlah bagian dari laporan ilmiah yang dikutip oleh surat kabar Sydney Morning HeraldLaporan tersebut dikeluarkan oleh badan pemerintah Geosiencece Australia. Potensi bencana itu telah mendorong Perdana Menteri Australia, Kevin Rudd, dan Presiden Susilo Bambang Yudoyono untuk membentuk sebuah pusat penelitian dan pelatihan bencana gabungan.

-

SUMBER:

Dicuplik dan diedit dari artikel berjudul “Bencana Dahsyat Bisa Menimpa Indonesia” di situs Kompas.com)

-

-

bencana-2

-

-gempa-bumi

-

Bencana 1-

SILAHKAN BACA ARTIKEL “GEMPA PADANG SUDAH DIPREDIKSI BAKAL TERJADI” DI SITUS :

IwanDahnial.wordpress

About these ads