DURIAN MERAH, PERNAHKAH ANDA MELIHATNYA ?

-

duren-1

-

-

duren-2

-

-

duren-3

-

-

duren-4

-

Pada awalnya, ketika saya menerima foto-foto durian merah di atas dari seorang teman, anggota milis alumni sekolah saya, saya benar-benar sangsi, apakah benar ada durian merah ? Lalu saya balas ke milis,  dan saya utarakan kesangsian saya bahwa jangan-jangan foto-foto tersebut hasil rekayasa (buah durian dikasih zat pewarna merah lalu difoto atau warna dalam foto diubah menjadi warna merah).-

Beberapa anggota milis, memberi tahu saya bahwa memang benar ada durian yang buahnya berwarna merah darah. Karena penasaran, lalu saya cari info tentang durian merah di internet, dengan memanfaatkan mesin pencari info, “Google”. Akhirnya dari beberapa situs saya temukan info tentang durian merah. Dibawah ini disajikan hasil rangkuman beberapa cuplikan info tersebut :

-

1. Cerita ini saya dapat waktu melakukan kunjungan dinas ke Kutai Kertanegara. Biasanya Durian warnanya kuning, nah disini saya menemukan durian merah. Ya nama latinnya adalah Durio Graveolens. Durian Merah ini durian eksotik… Buahnya berwarna merah darah. Makan durian ini tidak memabukkan karena kandungan alkoholnya relatif rendah.

-

Durian Merah (Durio Graveolens) banyak terdapat di Kabupaten Kutai, hidup di hutan, ladang dan tepian sungai Mahakam. Durian Merah ini oleh masyarakat Dayak Kenyah disebut durian daun, mungkin disebabkan lebar daunnya hampir selebar telapak tangan orang dewasa.

-

Tanaman ini menyukai jenis tanah endapan lumpur (alluvial) untuk tempat pertumbuhannya, dengan ketinggian 50 – 200 m dpl. (Pengalaman: Tyo).

-

Sumber:

http://www.dirjenmiltun.com/index.php?option=com_content&view=article&id=60:durian-merah&catid=43:perjalanan-dinas&Itemid=62%20

-

-

2. Liputan6.com, Jakarta (17/03/2007): Semua orang pasti mengenal buah durian. Tapi, kalau durian berwarna merah, pasti belum banyak yang mengetahui. Bahkan, mungkin, sulit mempercayainya.

-

Durian berwarna merah bukan isapan jempol. Buah itu benar-benar ada, tepatnya tumbuh di Desa Kemiren Banyuwangi, Jawa Timur. Bahkan begitu sohornya, salah satu gang di desa itu dinamakan Gang Duren Abang alias Gang Durian Merah.

-

Adalah Serad, warga Desa Kemiren, yang mempunyai satu-satunya pohon durian berbuah merah. Tak heran bila musim durian tiba rumah Serad tak pernah sepi pengunjung. Apalagi durian merah sudah menjadi buah primadona warga.

-

Menurut Serad, durian merah lebih manis dan gurih dibanding buah sejenis umumnya. Bahkan, tambah dia, durian merah dipercaya bisa meningkatkan vitalitas kaum pria.

-

Begitu terkenalnya, peminat durian merah banyak yang datang dari luar Banyuwangi. Pantas saja Sirad hanya menyuguhkan sebuah durian merah untuk dimakan bersama. Alasannya agar semua pengunjung bisa menikmati durian merah. Jadi jangan harap bisa membawanya pulang. Biasanya pengunjung hanya membawa pulang biji durian untuk dijadikan benih. Anda ingin mencoba? (ICH/Agus Ainul Yaqin)

-

Sumber : http://www.liputan6.com/news/?c_id=3&id=138819

-

-

3. BOYOLALI – Musim durian, biasanya memang ditunggu bagi para penggemarnya. Bagi penggemar durian, buah tersebut dikenal dengan rasanya yang bervariasi. Tapi daging buahnya, rata-rata berbentuk dan berwarna sama. Tapi pernakah melihat buah durian berwarna merah? Di Dukuh Slembi, Desa Jurug, Kecamatan Mojosongo, Boyolali, terdapat buah durian yang dagingnya berwarna merah.

-

Sepintas dari kulitnya, durian ini tak berbeda dengan durian kebanyakan. Namun, begitu dibelah, daging buahnya berwarna kuning kemerahan seperti tembaga. Nuri Surantini (32), pemilik kios durian di Dukuh Slembi menuturkan, jika matang, warna daging buahnya betul-betul merah. ”Rasanya juga berbeda dengan durian lain. Lebih lembut dan manis,” terang Nuri kepada Wawasan, Kamis (13/3/2008).

-

Semula dirinya juga tak yakin dengan buah durian berwarna merah. ”Setiap musim durian, selalu saja ada orang yang menanyakan durian merah. Tapi selalu saja habis dibeli langganan saya,” ujar Nuri yang aktif sebagai pengajar di MI Slembi.

-

Dijelaskan, di daerah Slembi hanya terdapat satu pohon durian merah yang berada di pekarangan salah seorang warga. Meski langka, Nuri tak menjualnya dengan harga khusus. Untuk durian merah ukuran kecil tetap dijualnya dengan harga rata-rata, sekitar Rp 10 ribu.

-

Sumber :

http://www.wawasandigital.com/index.php?option=com_content&task=view&id=20270&Itemid=36

-

—————————————-

(Foto: kiriman email Dodi Budiristio)

About these ads