PROSEDUR PEMBERIAN SUARA

PEMILU 2009 DI TPS

pemilu-11

-

1. Datanglah pada hari Kamis tanggal 9 April 2009 ke TPS (Tempat Pemungutan Suara) sesuai  TPS yang telah ditentukan  dengan membawa Surat Pemberitahuan untuk memberikan suara (sebaiknya juga bawa KTP), lalu melapor ke petugas dengan menunjukkan Surat Pemberitahuan untuk dicek. (Jika saat ini pemilih belum menerima Surat Pemberitahuan, tunggulah, karena Surat Pemberitahuan dikirim sampai batas akhir tanggal 7 April 2009). Jadwal  pemungutan suara di TPS dimulai dari pukul 7.00 hingga 12.00 WIB.

-

2. Setelah dicek, tunggulah giliran dipanggil  untuk mendapatkan surat suara.

-

3. Jika telah dipanggil dan menerima surat suara, pemilih langsung menuju ke bilik pemungutan suara.

Catatan :

A. Untuk Daerah Khusus Ibukota Jakarta, pemilih akan diberi 3 macam surat suara yaitu surat suara untuk pemilu anggota: 1. DPR (Dewan Perwakilan Rakyat), 2. DPD (Dewan Perwakilan Daerah), dan 3. DPRD Provinsi (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi).

B. Untuk Kabupaten/Kota, pemilih akan diberi 4 macam surat suara yaitu surat suara untuk pemilu anggota: 1.DPR, 2.DPD, 3.DPRD Provinsi dan 4.DPRD Kabupaten/Kota.

C. Untuk Luar Negeri, pemilih  hanya diberi satu surat suara yaitu surat suara untuk pemilu anggota DPR.

-

Lihat contoh surat suara di bawah :

-

dpr-1

 

-

-

surat-suara-dpd

 

-

surat-suara-dprd-provinsi

 

dprd-kabupaten1

4.-Sebelum memberi tanda (centang/contreng), letakkanlah surat suara dalam keadaan terbuka lebar-lebar di atas meja yang disediakan di dalam bilik. Selanjutnya surat suara diberi tanda (centang/contreng) pada salah satu : a. Kolom nama partai, b. Kolom nomor Caleg, c. Kolom nama Caleg (untuk surat suara DPR, DPRD provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota). Sedangkan untuk DPD yang dicentang adalah foto caleg.  Lihat contoh-contoh di bawah :

-

suara

-

-

pemilu-2

-

-

pemilu-3

-

5. Setelah selesai mencontreng surat-surat suara, pemilih melipat kembali surat-surat tersebut seperti semula.

-

6. Pemilih keluar dari bilik dan memperlihatkan kepada Ketua KPPS (Ketua Panitia Pemungutan Suara) bahwa surat suara dalam keadaan terlipat dan terlihat tanda tangan KKPS. Kemudian satu demi satu surat suara dimasukkan ke dalam masing-masing kotak suara, dimulai dari kotak suara untuk pemilu Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan terakhir kotak suara untuk pemilu Anggota DPRD Kabupaten/Kota dengan dipandu oleh Anggota KPPS.

-

7. Pemilih yang telah memasukkan surat suara ke dalam masing-masing kotak suara, oleh Anggota KPPS diberi tanda khusus (tinta) pada salah satu jari tangan kiri pemilih yang bersangkutan.

-

SUMBER utama :

http://www.pemiluindonesia.com/pemilu-2009/cara-menandaimencontreng-pemilu-2009.html

http://blogs.depkominfo.go.id/bip/2009/03/09/pemilu-legislatif-2009-pemberian-suara/

-

===========================================

-

PILPRES 2009

-

 

Jika pemilu tanggal 9 April 2009 berjalan dengan sukses, selanjutnya bersiap-siaplah anda untuk mengikuti PILPRES (Pemilihan Presiden) yang rencananya akan diadakan pada tanggal 8 Juli 2009.

-

Apabila pada Pilres pertama tersebut tidak menghasilkan pemenang  dengan perolehan suara lebih dari 50%, maka diadakan PILPRES putaran kedua,  yang rencananya akan  digelar tanggal 8 September 2009Dua capres yang memperoleh urutan suara terbesar, akan bertarung pada Pilpres putaran kedua ini.

-

BURSA CAPRES

(Telah mendeklarasikan dirinya sebagai Capres)

-

sby

Susilo Bambang Yudhoyono

-

-

INDONESIA ELECTION

Megawati

-

- prabowo

Prabowo Subianto

-

- wiranto

Wiranto

-

-

kalla

Yusuf Kalla

-

-sutiyoso

Sutiyoso

-

- rizal-ramli2

Rizal Ramli

-

-

dedy-mizwar

Dedy Mizwar

About these ads