METEOR

-

Foto langit saat terjadi hujan meteor.

-

Meteor atau yang disebut sebagai bintang jatuh adalah penampakan lintasan (jejak) jatuhnya meteoroid yang memasuki atmosfer sebuah planet (termasuk bumi). Ketika memasuki atmosfer sebuah planet, meteoroid akan terpanaskan dan akan menguap sebagian atau seluruhnya. Gas-gas di sepanjang lintasannya akan terionisasi dan bercahaya. Lintasan dari gas bercahaya inilah yang disebut sebagai meteor !

-

Jika sisa meteoroid ini jatuh membentur permukaan planet, maka ia disebut sebagai meteorit. (Sumber: Wikipedia).

-

-

Sebuah “meteor” (lintasan jatuhnya meteorid)

-

-
METEOROID

-

Persatuan Astronomi Internasional pada sidang umum IX pada 1961 mendefinisikan meteoroid sebagai berikut :

-

“Sebuah benda padat yang berada-/-bergerak dalam ruang antar planet, dengan ukuran lebih kecil dari asteroid dan lebih besar dari sebuah atom atau molekul

-

Ketika memasuki atmosfer sebuah planet, meteoroid akan terpanaskan dan akan menguap sebagian atau seluruhnya. (Sumber: Wikipedia).

-

Meteoroid

-

-

Meteoroid menuju ke bumi.

-

-

METEORIT

-

Meteorit adalah sisa meteoroid yang jatuh membentur permukaan planet, dimana sebelumnya meteoroid tersebut memasuki atmosfer planet.

-

Meteorit digunakan sebagai bahan baku keris pada jaman dahulu yang disukai oleh para empu. Keris yang mendapat campuran meteorit biasanya ringan namun sangat kuat karena mengandung logam langka, seperti titanium. (Sumber: Wikipedia).

-

-

MeteoritWillamette” yang ditemukan di negara bagian AS, Oregon. Beratnya 15.5 tons, tinggi 3,05 meter, lebar 1,98 meter, dan diameter  Komposisi bahan 91 persen lebih besi, 7,62 persen nikel, sisanya kobalt dan fosfor.

-

-

Meteorit bernama “Cabin Creek”, terdiri dari campuran nikel dan besi, jatuh di Arkansas pada tanggal 27 Maret 1886. (Sumber Encyclopaedia Britannica).

-

-

Foto lubang bekas jatuhnya meteor Crater yang terletak di 69 km timur Flagstaff, dekat Winslow di padang pasir Arizona utara Amerika Serikat.  Terletak di ketinggian sekitar 1.740 m di atas permukaan laut. Diameternya 1.200 m, dengan kedalaman 170 m.

-

-

METEORID JATUH DI BONE ?

-

-

Tanggal 8 Oktober 2009 lalu, warga Bone di Sulawesi Selatan, dikejutkan oleh bola api yang melesak di angkasa, lalu meledak. Bunyi ledakan terdengar 6 kali.  Sesudah itu, daratan seperti diamuk lindu.

-

Warga Desa Latteko, Kabupaten Bone, panik bukan kepalang. Anak-anak sekolah berhamburan keluar kelas. Warga desa cemas.

-
Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Makassar, mendeteksi adanya
getaran pada titik koordinat 4,68 Lintas Selatan dan 120, 09 Bujur Timur. Getaran itu terjadi di kedalaman sekitar satu kilomer.

-

Meteor atau bukan, memang belum ada jawaban pasti. Selain dugaan soal meteor itu, sejumlah kalangan mengira benda yang jatuh di Bone itu adalah sampah dari antariksa. (Sumber: Metro.vivanews).

-

-

METEORID JATUH DI JAKARTA ?

-

Benda angkasa luar kerap menyisakan serpihan setelah menghantam bumi.

-

Benda asing yang merusakkan sejumlah rumah di kawasan Malaka Sari, Duren Sawit, Jakarta Timur, diduga merupakan serpihan benda angkasa luar.

-

Kesimpulan sementara ini didapat petugas Pusat Laboratorium Mabes Polri setelah sejak semalam melakukan penelitian di lokasi.

-

“Semalam terlalu gelap jadi belum bisa diketahui, tapi tadi pagi sudah bisa disimpulkan sementara ini benda luar angkasa,” kata Kapolres Jakarta Timur Kombes Pol Hasanuddin.

-

Ledakan di Duren Sawit tersebut menyebabkan 3 rumah rusak pada Kamis (29/04/2010) sekitar pukul 16.00 wib.

-

Salah satu rumah rusak berat, atap hingga lantai dua runtuh, sementara benda-benda di dalam rumah hangus terbakar.

-

“Menurut para ilmuwan dari Batan, memang itu salah satu ciri benda luar angkasa, membakar ketika jatuh ke bumi,“ tambah Hasanuddin.

-

Indikasi lain yang menguatkan dugaan ini merupakan benda asing, menurut Hasanuddin, adalah tidak adanya ciri benda buatan manusia, seperti sisa bubuk mesiu atau bahan peledak lain yang dikenal.

-

Sisa-sisa debu benda angkasa luar yang ada di lokasi sebagian telah dibawa ke Pusat Labfor Mabes Polri untuk diteliti lebih lanjut.

-

Sementara karena dari tes radiasi maupun pencemaran tidak ditemukan adanya bahaya paparan, polisi mempersilakan pemilik rumah menempati kembali kediamannya.

-

Kejadian jatuhnya potongan benda angkasa luar ke bumi beberapa kali diberitakan di Indonesia, termasuk yuang terjadi di Sulawesi baru-baru ini. (Sumber BBC).

About these ads