LUKISAN BERJUDUL “THE SCREAM” LAKU TERJUAL $ 119.9 JUTA

Sebuah lukisan ekspresionis karya pelukis berkebangsaan Norwegia pada tahun 1893, Edvard Munch, berjudul The Scream (Jeritan) laku terjual seharga US$ 119.922.500 atau setara dengan Rp 1,079 triliun dalam pelelangan di rumah lelang Sotheby’s, New York, pada tanggal 2 Mei 2012. Harga lukisan ini merupakan harga termahal (memecahkan record) dari sebuah lukisan yang pernah terjual di balai lelang di dunia. Harga lukisan termahal di dunia sebelumnya adalah sebuah lukisan karya  Pablo Picasso berjudul Nude, Green Leaves and Bust yang laku terjual seharga US$ 106.5 juta  pada tahun 2010  di rumah lelang Christie di New York, AS.

 

Lukisan Edvard Munch, berjudul The Scream”, terdapat 4 versi lukisan yang terdiri dari :

 

1. Lukisan “The Sream yang terjual di rumah lelang Sotheby’s tersebut di atas. Lukisan ini dimiliki sejak 70 tahun yang lalu oleh seorang pengusaha Norwegia, Petter Olsen, dimana ayah Petter adalah kawan dan tetangga dari sang pelukis, Munch.

 

-

2. Lukisan “The Sream”, sebuah lukisan minyak, tempera, dan pastel di atas karton (ukuran 91 x 73,5 cm) yang terdapat  di Galeri Nasional, Oslo, Norwegia.

 

 

3. Lukisan “The Sream”, sebuah tempera di atas versi karton (berukuran 83,5 x 66 cm) yang terdapat di Museum Munch, Oslo, Norwegia. Lukisan ini pernah dicuri dari Museum Munch pada 2004 dan ditemukan pada tahun 2006.

 

 

4. Lukisan “The Sream, yang juga dimiliki oleh Museum Munch, Oslo, Norwegia.  

-

 

Pelukis “The Sream”, Edvard Munch (1863 – 1944), 1921. 

 

Dalam sebuah catatan dalam buku hariannya, Munch menggambarkan ilhamnya sebagai berikut : “Saya sedang berjalan di sebuah jalan kecil dengan dua orang teman,matahari sedang tenggelam, mendadak langit berubah menjadi merah darah. Saya berhenti, merasa lelah, dan bersandar di pagar. Di atas fjord dan kota yang biru kehitaman tampak darah dan lidah-lidah api. Teman-teman berjalan terus, dan saya berdiri di sana gemetar, diliputi rasa cemas dan saya merasakan jeritan yang tidak henti-hentinya melintas di alam”.

 

Sabrina Laurent (Mei 2005) menyimpulkan deskripsi Munch tentang ilhamnya bahwa orang di latar depan itu adalah si pelukis sendiri yang “sebetulnya tidak menjerit tetapi sekadar bereaksi dengan ngeri ketika mendengar jeritan Alam. Dengan menutupi kedua telinganya dengan tangannya, Munch berusaha keras untuk tidak mendengar jeritan ini, sehingga menempatkannya dalam keadaan seolah-olah sedang mengalami serangan panik.” Posisi di mana ia melukiskan dirinya sendiri adalah reaksi refleks yang khas dari siapapun yang berjuang untuk menghindari suara yang menekan, entah suara yang sungguhan atau yang dibayang-bayangkan. (Sumber: Wikipedia dan Guardian)

-

Lukisan karya Pablo Picasso berjudul Nude, Green Leaves and Bust yang laku terjual seharga US$ 106.5 juta  pada tahun 2010, merupakan rekor termahal harga lukisan di dunia, sebelum terjualnya lukisan “The Scream”.

 -

Pelukis asal Spanyol, Pablo Picasso (1881 – 1973), berpose di depan lukisannya di kota Cannes, Perancis, tahun 1955. 

About these ads