-.TERJADINYA “PINTU NERAKA” DI UZBEKISTAN MIRIP “LUMPUR LAPINDO” !

Lokasi lubang besar berapi ini berada di negara Asia Tengah, Uzbekistan.

Menakutkan  bak neraka !!   Kemungkinan  berasal  dari  mulut gunung berapi ……………

Oleh penduduk setempat lubang ini dijuluki sebagai “Pintu Neraka”. Terletak berdekatan dengan sebuah bandar kecil bernama Darvaz.

Kisah ini bermula kira-kira 35 tahun lebih yang lampau ketika ahli geologis  mengebor tempat ini untuk mencari gas bumi.

Secara tiba-tiba semasa pengeboran tersebut, mereka menemukan  satu jurang besar di bawah tanah. Begitu besarnya sehingga semua peralatan pengeboran tersebut masuk ke dalam jurang.

Tak satupun yang berani turun ke dalam jurang tersebut karena jurang dipenuhi oleh gas bumi.

Untuk mencegah gas beracun keluar dan mencemari bumi, mereka kemudian menyalakan api di dalam jurang tersebut dan semenjak  itu hingga kini, telah lebih 35 tahun lubang ini terbakar tanpa henti-hentinya walaupun sesaat.

Proses terjadinya “Pintu Neraka” mengingatkan kita atas  proses terjadinya “Lumpur Lapindo” di Sidoarjo  ! Keduanya mirip, yaitu terjadi sewaktu sedang melakukan pengeboran tanah untuk mencari minyak dan gas !

Bedanya lubang yang di Ubezkistan mengeluarkan gas berapi, sedangkan yang di Sidoarjo mengeluarkan lumpur panas !

Bayangkan saja “Lubang Neraka” yang berada  di Ubezkistan ini sudah berjalan 35 tahun lebih mengeluarkan gas berapi tanpa henti-hentinya, lantas sampai berapa tahun lagi lubang “Lumpur Lapindo” akan  menyemburkan lumpur panas ?


“PINTU NERAKA”

“LUMPUR LAPINDO”