PRESTASI INDONESIA DARI OLIMPIADE KE OLIMPIADE

Indonesia pertamakali ikut Olimpiade pada Olimpiade ke 15 di Helsinki, Finlandia tahun1952. Dan selanjutnya Indonesia tak pernah absen ikut Olimpiade hingga Olimpiade ke 34 di Beijing tahun 2008 (kecuali waktu memboikot Olimpiade ke 22 di Moskwa tahun 1980, sebagai protes terhadap perangSoviet–Afganistan”).

Prestasi dan perolehan medali :

1. Olimpiade ke 24, Seoul, Korea Selatan, 1988

(Indonesia meraih medali: 1 perak)

Indonesia meraih medali untuk pertama kalinya sejak ikut Olimpiade pertama kali (Olimpiade ke 15, 1952, Helsinki, Finlandia) melalui trio Lilies Handayani, Nurfitrie Saiman dan Kusuma Wardhani yang merebut medali perak di dalam cabang olah raga memanah.

Lilies Handayani

Nurfitrie Saiman

Kusuma Wardhani

2. Olimpiade ke 25, Barcelona, Spanyol, 1992

(Indonesia meraih medali: 2 emas, 2 perak dan 1 perunggu)

Indonesia meraih medali emas (total 2 emas) untuk pertama kalinya sejak ikut Olimpiade melalui cabang bulutangkis yang dipersembahkan oleh Susi Susanti (tunggal putri) dan Alan Budikusuma (tunggal putra).

Disusul perolehan 2 medali perak (bulutangkis) yang masing-masing dipersembahan oleh Ardi B. Wiranata (tunggal putra) dan Eddy Hartono / Rudy Gunawan (ganda putra), dan perolehan 1 perunggu (bulutangkis) yang direbut oleh Hermawan Susanto (tunggal putra).

Susi Susanti

Alan Budikusuma

3. Olimpiade ke 26, Atlanta, Georgia, AS, 1996

(Indonesia meraih medali: 1 emas, 1 perak dan 2 perunggu. Urutan ke 41 dari 197 negara peserta)

Semua medali ini direbut dari cabang olah raga bulutangkis. 1 emas dipersembahkan oleh Rexi Mainaky / Ricky Subagja (ganda putra), 1 perak dipersembahkan oleh Mia Audina dan 2 perunggu masing-masing dipersembahkan oleh Susi Susanti (tunggal putri) serta Denny Kantono / Antonius Iriantho (ganda putra).

4. Olimpiade ke 27, Sydney, Australia, 2000

(Indonesia meraih medali: 1 emas, 3 perak dan 2 perunggu)

1 emas dipersembahkan oleh Tony Gunawan / Chandra Wijaya (bulutangkis, ganda putra). 3 perak masing-masing dipersembahkan oleh Hendrawan (bulutangkis, tunggal putra), Tri Kusharyanto / Minarti Timur (bulutangkis, ganga campuran), dan Raema Lisa Rumbewas (angkat berat, putri 48 kg). 2 perunggu masing-masing dipersembahkan oleh Sri Indriyani (angkat berat / weightlifting, putri 48 kg) dan Winarni (angkat berat / weightlifting, putri 53 kg).

5. Olimpiade ke 28, Athena, Yunani, 2004

(Indonesia meraih medali: 1 emas dan 2 perunggu)

1 emas dipersembahkan oleh Taufik Hidayat (bulutangkis, tunggal putra). 2 perunggu masing-masing dipersembahkan oleh Soni Dwi Kuncoro (bulutangkis, tunggal putra) dan Flandy Limpele / Eng Hian (bulutangkis, ganda putra).

6. Olimpiade ke 29, Beijing, China, 2008

(Indonesia meraih medali: 1 emas, 1 perak dan 3 perunggu. Urutan ke 42 dari 202 negara peserta)


1 emas dipersembahkan oleh Markis Kido / Hendra Setiawan (bulutangkis, ganda putra). 1 perak dipersembahkan oleh Nova Widianto / Liliyana Natsir (bulutangkis, ganda campuran). 3 perunggu masing-masing dipersembahkan oleh Eko Yuli Irawan (angkat besi putra), Triyatno (angkat besi putra), dan Maria Kristin Yulianti (bulutangkis, tunggal putri).

Perolehan medali angkat besi putra, adalah perolehan medali pertama kali di cabang olah raga angkat besi putra pada Olimpiade.

=============================================

(Bahan dicuplik dan diedit dari Wikipedia Bahasa Indonesia)