TERORIS MENYERANG MUMBAI, INDIA

mumbai-1

Kaum teroris bersenjata berat, termasuk AK 47-S dan granat, secara terkoordinir serentak menyerang beberapa sasaran di Mumbai, India, yaitu hotel ternama Taj Mahal, hotel mewah Oberai Trident, stasiun kereta api tersibuk CSTbandara lokal Santa Cruz, rumah sakit Cama dan GT, metro Adlabs, Mazgaon Dockyard, serta tempat pemukiman Yahudi.

Setidaknya 131 orang tewas dan lebih dari 327 orang luka-luka akibat diberondong tembakan senjata otomatis  AK-47 dan terkena pecahan granat, serta puluhan orang disandera akibat serangan teroris di Mumbai tersebut, pada Rabu malam 26 November 2008. Dikabarkan (menurut TV One) 5 orang Indonesia dari Bali yang bekerja di hotel Oberai Trident, terjebak di dalam hotel.

Sementara ini diketahui 4 teroris tewas dan 14 polisi tewas dalam serangan tersebut, termasuk kepala unit anti teror, Hemant Karkare, dan spesialis anti teror terkemuka, Vijay Salaskar. Dan setidaknya 6 orang asing juga tewas.

Kelompok yang menamakan dirinya “Mujahidin Deccan” mengirim email ke surat kabar India  dan mengklaim bertanggung jawab atas penyerangan tersebut. Seorang teroris yang menyebutkan dirinya Sahadullah, menyampaikan pesan melalui telepon kepada TV India: “Bebaskan semua kaum mujahidin dan militan Islam yang dipenjara di India dan jangan ganggu kaum Islam yang berada di India”.

Perkembangan terakhir (Sabtu, 29 November 2008)

Diberitakan (TV One) bahwa ke 5 wanita Indonesia yang terjebak di Hotel Oberai Trident tersebut akhirnya berhasil keluar dari hotel Oberai dengan selamat.

Aparat keamanan India berhasil mengakhiri aksi teror yang dilakukan oleh kelompok militan. Penumpasan terakhir adalah  melumpuhkan teroris yang masih bertahan di Hotel Taj Mahal pada Sabtu 29 November 2008. Aparat dari satuan bernama Kucing Hitam Elite (Elite Black Cat) menembak mati 4 militan setelah terjadi pertarungan genting di koridor, kamar-kamar, dan balai-balai pertemuan Hotel Taj Mahal.

Diketahui jumlah seluruh teroris yang menyerang Mumbai adalah 10 orang, dimana 9 orang teroris terbunuh dan 1 orang lainnya tertangkap hidup-hidup.

Menteri Dalam Negeri (negara bagian) Maharashtra RR Patil mengungkapkan, para teroris yang menyerang 10 kawasan terkenal di Kota Mumbai “berupaya membunuh setidaknya 5.000 orang” dan mereka mendapat instruksi dari luar negeri via telepon satelit selama kontak senjata lebih dari 59 jam melawan aparat keamanan India.

Menurut Patil lebih lanjut, para teroris datang dari jalur laut pada Rabu pagi (26 November 20008), lalu mendarat di sebuah bandar ikan kecil di Colaba bernama Dok Saffon. Dari sana, mereka mengendarai sebuah taksi dan di dalam taksi itu pula semua senjata dan amunisi mereka simpan.

“Polisi menyita bom yang ditempelkan pada tubuh para teroris, masing-masing seberat 8 kilogram,” katanya. Peralatan GPS (Global Positioning System) dan sejumlah telepon satelit canggih, menurut Patil, juga ditemukan dari tubuh para teroris.

Sejauh ini dalam aksi teror tersebut diketahui jumlah korban tewas sekitar 195 jiwa, dan ratusan luka-luka. Dari jumlah yang tewas, 20 orang diantaranya adalah polisi atau tentara, dan sekitar 25 orang adalah warga asing (diantaranya Israel 9, Amerika 4, Australia 4,  Jerman 3, Perancis 2, dan masing-masing 1 korban dari Inggris, Jepang, Italia, Jordania, Singapura, Malaysia, Meksiko, Thailand).

Keterangan :

Mumbai (bahasa Marathi:  dahulu dikenal dengan nama Bombay) adalah ibukota negara bagian  Maharasthatra dan dengan populasi sebesar 12 juta jiwa (2005) adalah kota dengan penduduk terbanyak di India. Kota ini terletak di Pulau Salsette, lepas pantai barat Maharashtra. Bersama kota-kota pinggirannya, Mumbai menjadi area metropolitan terbesar keempat di dunia dengan populasi melebihi 20 juta jiwa.

Mumbai adalah pusat perdagangan dan hiburan di India, menjadi lokasi berbagai badan-badan keuangan penting. Kota ini menarik imigran karena memiliki peluang bisnis yang besar dan taraf hidup yang tinggi. Bollywood, pusat perfilman India, juga terletak di kota ini. (Sumber: Wikipedia Indonesia).

mumbai-a

Asap mengepul dari dalam Taj Mahal Hotel, Mumbai, menyusul serangan teroris. (Reuters Photo).

mumbai-2

Hotel Taj sedang terbakar setelah serangan teroris di Mumbai. (AFP Photo).



mumbai-3

Petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan  api yang berkobar di Taj Hotel, Mumbai. (Reuters Photo).

teroristeroris-2teroris-1mumbai-4

Tersangka teroris di Mumbai. (Times Now).  Foto no. 2 dari atas diketahui adalah teroris bernama  Azzam Amir Kassab (21 tahun) sedang berjalan di stasiun kereta api pada tanggal 26 November 2008.  Ia satu-satunya yang tertangkap hidup-hidup.

mumbai-5

Tentara India sedang mengambil posisi di Gateway yang berhadapan dengan hotel Taj, Mumbai. (Reuters Photo).


thumb-b

Petugas pemadam kebakaran sedang menyelamatkan seorang yang terjebak di dalam hotel Taj. (AP Photo).

yahudi-1yahudisergap

Komando Pasukan Keamanan India (NSG) tampak sedang turun dari helikopter ke atap rumah pemukiman Yahudi di pusat kota Mumbai 28 November 2008 dan siap-siap menyerbu ke dalam rumah, dimana militan Islam diduga menyandera sedikitnya 10 orang Israel. (Reuters/Phil Smith).

stasiunmumbai-6

Situasi di setasiun kereta api di Mumbai setelah terjadi serangan teroris dan tampak polisi sedang berjaga-jaga. (Reuters).

mumbai-7

Bangkai taksi tampak terserak di jalan raya dekat bandara domestik di Mumbai. (PTI Photo).

mumbai-8

Polisi sedang menyelidiki kerusakan kendaraan di tempat kejadian ledakan di Mumbai. (AP Photo)

korban2korban1mumbai-9

Para korban teroris dan regu  penyelamat membawa korban penyerangan teroris di Colaba wilayah Mumbai. (Reuters Photo).

mumbai-10 Seorang karyawan Taj Hotel sedang menghibur tamu asing, setelah terjadi serangan teror. (Reuters Photo).

mumbai-11

Seorang tentara India  berlari membawa sebotol air untuk rekannya di luar pintu masuk Taj Hotel. (AFP Photo).

mumbai-12

Pasukan keamanan India sedang mengawal seorang tamu keluar Taj Hotel. (AP Photo).

pm-india

Perdana Menteri India, Manmohan Singh, sedang melakukan pidato nasional menyusul terjadinya serangan teroris. (Foto: AFP).


Sumber :

http://timesofindia.indiatimes.com/Cities/Mumbai/Terror_attacks_in_Mumbai_101_dead_firing_on/articleshow/3761410.cms

http://timesofindia.indiatimes.com/Cities/Mumbai/Fresh_explosions_at_Taj_hotel_hostages_rescued/articleshow/msid-3763863,curpg-2.cms

Wekipedia Inggris

Harian Republika