LOKOMOTIF KUNO DAN PERKEMBANGANNYA
–
–
–
–
–
–
–
SEJARAH PERKEMBANGAN LOKOMOTIF
–
Lokomotif pertama di dunia yang sukses berjalan di atas rel adalah lokomotif uap yang diciptakan oleh seorang Inggris bernama Richard Trevithick pada tahun 1804. Lokomotif uap digerakkan oleh uap air yang berasal dari ketel uap yang dipanaskan dengan kayu bakar, batubara, atau minyak bakar. Sedangkan mesin uap yang telah disempurnakan ditemukan oleh James Watt (1736 – 1819) pada tahun 1769.
–
Lokomotif uap pertama ciptaan Richard Trevithick tahun 1804
–
–
Lokomotif uap “Rocket” ciptaan Stephenson tahun 1929
–
–
–
Untuk menggerakkan roda lokomotif, uap air dari ketel uap dialirkan ke ruang dimana piston diletakkan, uap air masuk akan menekan piston untuk bergerak dan disisi lain diruang piston uap air yang berada diruang tersebut didorong keluar demikian seterusnya. Uap air diatur masuk kedalam ruang piston oleh suatu mekanime langsung seperti ditunjukkan dalam gambar. Selanjutnya piston akan menggerakkan roda mealui mekanisme gerakan maju mundur menjadi gerak putar.
–
–
–
–
–
–
–
–
–
–
–
–
–
–
Sejak mulai dikembangkannya jenis lokomotif lainnya yang lebih sempurna pada tahun 1930, lama kelamaan akhirnya secara global lokomotif uap digantikan oleh lokomotif diesel dan lokomotif listrik.
–
Lokomotif diesel yang umum digunakan adalah lokomotif diesel elektrik, dimana mesin diesel dipakai untuk memutar generator agar mendapatkan energi listrik. Listrik tersebut dipakai untuk menggerakkan motor listrik besar yang langsung menggerakkan roda lokomotif. Selain itu ada jenis lokomotif diesel hidrolik. Lokomotif ini menggunakan tenaga mesin diesel untuk memompa oli dan selanjutnya disalurkan ke perangkat hidrolik untuk menggerakkan roda. Lokomotif ini tidak sepopuler lokomotif diesel elektrik karena perawatan dan kemungkinan terjadi problem besar.
–
Lokomotif Diesel Elektrik
–
–
–
–
–
–
–
–
–
–
–
Lokomotif Diesel Hidrolik
–
–
–
Lokomotif Listrik
–
Lokomotif listrik prinsip kerjanya hampir sama dengan lokomotif diesel elektrik, tapi tidak menghasilkan listrik sendiri. Listriknya diperoleh dari kabel transmisi di atas jalur kereta api. Jangkauan lokomotif ini terbatas hanya pada jalur yang tersedia jaringan transmisi listrik penyuplai tenaga.
–
–
–
–
–
–
–
–
–
–
–
–
–
–
–
Maret 27, 2009 at 05:43
Asyik juga mengikuti perkembangan teknologi Kereta Api. Apa masih tepat ya sebutannya dengan nama Kereta Api? Kan sekarang listrik penggeraknya? Dahulu jaman masih ada banyak belanda seliweran orang menyebutnya trem. Mungkin itu lebih tepat kali.
April 2, 2009 at 08:59
bagus banget ya. dari dulu saya duka dengan kereta api.
Oktober 17, 2009 at 11:24
Ternyata kereta api banyak sekali ragamnya,dari kecil saya suka koleksi gambar dan miniatur kereta api.Trims google
November 8, 2009 at 15:32
setiap saya milihat gambar kereta api uap selalu menghirup nafas dalam2 teringat pd wkt th 60 an ms kecil yg sy hbskan bermain di stasiun dg naik kereta langsir
November 8, 2009 at 17:15
okay juga nich ternyata ada juga yang suka koleksi gambar keeta
November 25, 2009 at 09:52
btw gk ada penjelasan lokomotif diesel mekanis ya???
kapan nih lokomotif maglev berada di Indonesia…
Desember 18, 2009 at 09:21
aq kagum ma kereta api qta. bgm kalo PT KIA kerja bareng dg masyarakat lestarikan situs KA di daerah gerbong en loko drpd di rucat serahin ke sekul biar buat belajar anak-anak qta. Setuju reeek ???
Desember 18, 2009 at 09:26
aq kalo pergi semaksimal mungkin naik sepur meski ada pesawat, bis ato kapal. Aroma beluk dari cerobong asap item masih membekas di ingatanku bagaimana ketika aq masih SD nggandol KA Pare ato Ploso bahkan kesasar ke Nganjuk naik ketel wuiih,..tak tergantikan dah. alamat email qu ary.sisca@yahoo.com
Maret 11, 2010 at 11:09
AKU SUKA KERETA API YG JANGAN PADA TABRAKAN ITU YG DIUTAMAKAN DAN DIPERHATIKAN
Mei 19, 2010 at 11:25
wah bagus banget mas..nambah wawasan tentang kereta api khususnya bagiku yang penggemar kereta api..hehe
makasih mas..
Mei 24, 2010 at 13:01
gambar2 yang di muat cukup menarik
Mei 29, 2010 at 08:19
Bagus sekali keretanya saya dari dulu suka kereta sampai sepatu di toko di jadikan kereta loko coba bisa dihidupkan kembali buat pariwisata di daerah yang indah
Juli 15, 2010 at 13:36
loko uap lebih ramah lingkungan dan tidak membisingkan telinga juga sangat menarik.
Juli 18, 2010 at 14:34
ini menarik, terima kasih ulasannya … saya mau banget punya model kereta lengkap .
Juli 19, 2010 at 15:02
Keberhasilan Lokomotif di dunia tidak lepas dari penelitian yang telah di lakukan oleh James Watt
Agustus 28, 2010 at 11:29
gambar loko nya bagus2 & lengkap2 ya.
semoga di tambah lagi ya gambar & keterangan nya.
September 27, 2010 at 10:55
Aq bleh ambil salah 1 fto lokomotif pa gk nih ???
September 27, 2010 at 12:40
Silahkan foto lokomotifnya di saving …..
Januari 11, 2011 at 09:54
keren juga ya perkembangan lokomotif…
gambarnya bagus2 juga.
n kalo bisa ditambah keterangan2nya…
thanks..
Januari 11, 2011 at 09:54
idem
Mei 7, 2011 at 15:05
seru bs liht perkmbangn locmtif dri pertma sampai yg terbru…smoga kereta api indonesia semakin maju seiring perkembangan zaman..amien
semboyan 35..toett..toeett.
Agustus 11, 2011 at 20:45
asyik,ok kumpulan lokomotif
Agustus 16, 2011 at 22:38
mantappppppp……..
Oktober 25, 2011 at 17:46
mantabbbb…. kerennnnnn
Juli 9, 2012 at 00:31
Aku bangga jadi bagian dari pt kai denggan meliat sejara kereta api mulai dulu sampai sekarang tamba maju
Juli 20, 2012 at 11:24
Lihat koleksi sepur grong atau uap, jadi ingat masa kecil waktu naik sepur dari malang ke blitar lewat terowongan karangkates asyii…kkk benerl
Agustus 9, 2012 at 22:52
lok yg istimewa bigboy udah gagah kuat dan sangar
Juli 7, 2015 at 09:40
Bagus ya