FOTO-FOTO GALAKSI DAN NEBULA TERKINI HASIL PEMOTRETAN TELESKOP HUBBLE YANG DIPERBARUI

H 1

Omega Centauri, adalah kelompok bintang-bintang seperti bola yang  terdiri hampir dari 10 juta bintang. Bintang-bintang ini  berumur antara 10 juta dan 12 juta tahun. Jarak Omega Centauri dari Bumi adalah 16.000 tahun.

NASA pada hari Rabu (9/9/09) menerbitkan foto ruang angkasa perdananya setelah perbaikanteleskop Hubble yang memakan dana miliran dollar AS (trilunan rupiah) yang antara lain untuk untuk memasang 2 kamera dan beberapa peralatan sains serta mengganti suku cadang yang rusak.

Foto-foto hasil pemotretan teleskop Hubble tersebut telah menunjukkan hasil pemotretan yang dengan jelas memperlihatkan keindahan kosmik, seperti galaksi dan nebula. Citra galaksi dan nebula tersebut tampak lebih tajam dari foto sebelumnya yang diambil dari tempat yang sama sebelum teleskop diperbaiki. – (Sumber: Harian Kompas –  Sumber fotoFox News ).

H 2

Galaksi Stephan’s Quintet (Galaksi = sekelompok obyek ruang angkasa yang terikat  oleh-gaya gravitasi, terdiri dari bintang-bintang, gas, dan debu kosmik).

H 3

Galaksi-Abell.

H 4

Galaksi spiral NGC 6217.

H 5

NebulaCelestial Butterfly (Nebula =-kumpulan-awan gas ion yang memancarkan cahaya terang yang berwarna-warni, yang dihasilkan oleh   bintang-bintang tertentu ketika bintang-bintang tersebut mati). Nebula Celestial Butterfly mirip kupu-kupu, terdiri dari gas yang panasnya lebih dari 36.000 drajad Fahrenheit. Gas-gas tersebut bergerak menembus ruang angkasa dengan kecepatan 600.000 mil perjam, dengan kecepatan ini cukup  dibutuhkan  waktu hanya  24 menit sampai ke Bulan dari Bumi.

H 6

Nebula-Carina.

SILAHKAN BACA NEBULA DAN VARIASINYA DI SITUS :

NEBULA (iwandahnial-wordpress)