PATUNG OBAMA CILIK ADA DI MENTENG

Patung Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama semasa kecil (6-tahun), didirikan di Taman Menteng, Jakarta Pusat, dan diresmikan Kamis 10 Desember 20089. Patung tersebut terbuat dari perunggu, setinggi 1 meter dan beralasan bangunan setinggi 1,5 meter, dinamai “Children Dream”, menggambarkan mimpi dan semangat anak.

Adanya patung Obama diharapkan dapat mempererat hubungan AS dan Indonesia. Menurut Ronmuller, penggagas ide pembuatan patung Obama, respons positif datang dari Barack Obama terkait peresmian patung replika dirinya di Taman Menteng, Jakarta Pusat. Setelah mendengar kabar ini, Obama pun berjanji bakal melihat secara langsung patung tersebut.

Hadir pula pada peresmian patung Obama tersebut, siswa siswi dan guru-guru SDN Menteng 01 Besuki, tempat Obama menuntut ilmu semasa Sekolah Dasar (SD). (Sumber: Detik.com dan  sumber lainnya).

  1. Sebelum peresmian, patung Obama semasa kecil  ditutupi kain berwarna merah.

Peresmian dihadiri sejumlah donatur. Salah satunya Surya Paloh.

Peresmian patung ini dimeriahkan dengan penampilan marching band dari puluhan siswa SD 01 Menteng, dimana Obama sewaktu kecil pernah bersekolah di SD ini.

Obama ketika berusia 6 tahun bersekolah di SD Santo Fransiskus Asisi di Tebet,  selama 3 tahun, lalu pindah ke SD Negeri Menteng 1 (atau SD Besuki) di Menteng (lihat foto di atas) hingga ia berusia 10 tahun. Obama bersekolah di SD di Indonesia dari tahun 1967 hingga 1971. Kemudian pindah ke SD di Honolulu, Hawai. Obama diketahui masih dapat memahami dan berbicara bahasa Indonesia secara sederhana.

Obama berfoto bersama keluarganya di kediaman mereka di Jakarta. Dari kiri ke kanan : Ayah tiri (Lolo Soetoro), ibu kandung (An Dunhan), adik tiri (Maya Soetoro) dan Barack Obama.

Setelah ibu Obama (Ann Dunham, berkebangsaan Amerika Serikat dari Wichita, Kansas) bercerai dengan ayah Obama (Nyang’oma Kogelo, berkebangsaan Kenya), kemudian ibunya menikah lagi dengan seorang manager suatu perusahaan minyak berkebangsaan Indonesia bernama Lolo Soetoro yang pada saat itu sedang tugas belajar di University of Hawaii.

Tahun 1967 Lolo Soetoro balik ke Indonesia bersama ibunya (An Dunham) dan Obama,  dan bermukim di Jakarta di mana adik tirinya (Maya Soetoro) dilahirkan dari pasangan Lolo Soetoro dan An Dunham. Empat tahun kemudian, ibunya mengirim balik Obama ke Hawai (tahun 1971-an) untuk dibesarkan oleh kakek nenek nya, orang tua Dunham.

Obama cilik foto bersama ibu kandungnya, Ann Dunham, di Hawaii, tak lama setelah ibunya ditinggal cerai ayahnya dengan alasan belajar di Harvard University.

Obama cilik bermain ditepi pantai bersama kakeknya, Stanley Armour Dunhan.

Sumber kartun: Harian Kompas.


Silahkan baca artikel bergambar berjudul Nenek, Kakek dan Keluarga Besar Barack Obama di situs (silahkan di klik) :

IwanDahnial.wordpress

Iklan