SAI BABA, GURU SPIRITUAL INDIA, MENINGGAL DUNIA

Guru spiritual terkemuka asal India, Sri Sathya Sai Baba, kemarin 24 April 2011, meninggal dunia  di Rumah Sakit Institut Sains dan Kedokteran Tinggi Sri Sathya Sai Baba di Puttaparthi, kota di sebelah selatan Negara Bagian Andhra Pradesh.

Sai Baba of Shirdi

Ia mulai terkenal setelah pada usia 14 tahun memproklamasikan diri sebagai “avatar” atau reinkarnasi dari Sai Baba of Shirdi, manusia suci Hindu asal Maharashtra, yang wafat pada  tahun 1918.  Sejak kecil ia dipercaya memiliki kekuatan supranatural, termasuk menyulap  benda begitu saja, mengetahui kisah masa lalu seseorang, dan bisa mengobati penyakit mematikan.

Pria berambut kribo ala gitaris Jimi Hendrix, yang oleh pengikutnya dijuluki manusia setengah dewa, itu mangkat pada usia 84 tahun.

“Beliau mengalami gagal jantung,” kata A.N. Safaya, direktur di rumah sakit itu. “Ia pergi sekitar pukul 07.40.”

Pria yang terlahir dengan nama Sathyanarayana Raju itu telah menjalani perawatan sejak sebulan lalu karena sejumlah organ tubuhnya tak lagi berfungsi normal. Alhasil, mulai saat itu hidupnya ditopang alat bantu pacu jantung dan pernapasan.

Sejak tersiar kabar kematian Sai Baba, ribuan orang pengikutnya berdatangan dan berkerumun di sekitar ashram milik Sai Baba. “Beliau merupakan figur yang menjadi ikon kemanusiaan selama 5 dekade,” ujar Perdana Menteri India Manmohan Singh dalam kawat duka citanya. Sai Baba ditaksir memiliki 10 juta orang pengikut yang tersebar di 120 negara.

Kantor berita Prancis, AFP, mewartakan pengikutnya, termasuk bekas Perdana Menteri India Atal Bihari Vajpayee, para hakim, jenderal, aktor, dan pemimpin politik di India.

Juga bintang film Hollywood, Goldie Hawn, dan pendiri Hard Rock Cafe, Isaac Tigrett.

Tapi tak sedikit pula yang menganggap kekuatan magisnya itu tipuan belaka. Dan ada juga yang menganggapnya sebagai Dajjal.  (Sumber: Koran Tempo).




SAI BABA OF SIRDI

Iklan