PERMUKAAN MATAHARI YANG MENAKJUBKAN

Lidah api (prominence) matahari, yaitu bagian matahari yang sangat besar, terang, yang mencuat keluar dari permukaan matahari, seringkali berbentuk loop (putaran). Lidah api ini biasanya menjulur hingga ribuan kilometer dan bisa mencapai 700.000 km lebih.

Korona matahari (corona), adalah bagian paling luar dari atmosfer matahari. Korona tidak terlihat secara langsung dari bumi, kecuali pada saat terjadinya gerhana matahari total atau dengan bantuan teleskop. Panjang korona bisa mencapai sekitar 97.000 km.

Korona matahari (warna putih), tampak saat terjadinya gerhana matahari total. Gerhana total yang terlihat dalam foto ini terjadi di Perancis pada tahun 1999.  

Bintik matahari (sunspot), adalah bagian gelap dari permukaan matahari yang disebabkan oleh aktivitas magnetis yang hebat dan membentuk daerah bersuhu lebih dingin. Besarnya bintik matahari ini mencapai diameter 80.000 km, sehingga bintik-bintik ini bisa terlihat dari bumi tanpa bantuan teleskop.

Spicule muncul dari bawah sinar matahari menuju ke kromosfer dengan kecepatan secepat jet supersonik yaitu lebih dari 48.000 km per jam. Ada lebih dari 60.000 spicules yang aktif di matahari namun memiliki masa hidup yang pendek yaitu sekitar 5 menit. Kromosfer adalah lapisan tipis berwarna merah di atmosfer matahari. Lapisan ini terletak di atas fotosfer dan memiliki kedalaman sekitar 2.000 kilometer. Fotosfer adalah lapisan matahari yang kita lihat sehari-hari dengan cahayanya yang sangat terang mengalahkan lapisan paling luar matahari yaitu korona. Fotosfer memiliki kedalaman sekitar 500 km. Cahaya fotosfer dapat terlihat dan berwarna kuning dari bumi karena gas-gas panas pada fotosfer memancarkan cahaya dengan intessitas sangat kuat.

Sumber : Time.com  dan Wikipedia 

Iklan