ORIGAMI

Origami berbentuk ular kobra

 

Origami (dari kata bahasa Jepang: ori berarti “lipat” dan kami yang akhirnya berubah jadi kata gami berarti “kertas“)  merupakan satu kesenian melipat kertas yang dipercayai bermula sejak kertas diperkenalkan pada abad pertama di zaman Tiongkok kuno pada tahun 105 Masehi  Masehi oleh Ts’ai Lun.

 

Pada abad ke-6, cara pembuatan kertas kemudian dibawa ke Spanyol oleh orang-orang Arab. Pada tahun 610 pada masa pemerintahan  kaisar wanita di JepangSuiko (zaman Azuka), seorang biksu Budha bernama Donchō (Dokyo) yang berasal dari semenanjung Korea datang ke Jepang memperkenalkan cara pembuatan kertas dan tinta.

 

Untuk waktu yang lama, model-model yang dikenal hanya terbatas pada model-model tradisional seperti bangau di Jepang

Sebuah karya origami tradisional berbentuk bangau.

 

Akira Yoshizawa, seorang Jepang (1911–2005), membuat inovasi dengan menciptakan model-model baru yang kemudian membawa perubahan besar dalam perkembangan origami. Beliau menciptakan sebuah sistem penggambaran sistemastis (yang disebut diagram) untuk menunjukkan langkah-langkah pelipatan suatu model yang dapat disebarluaskan dan dipahami oleh banyak pihak. Sistem ini adalah dasar dari Sistem Yoshizawa-Randelett yang sekarang lazim digunakan untuk instruksi lipat model origami. (Sumber: Wikipedia).

VIDEO CARA PEMBUATAN ORIGAMI BEBERAPA BENTUK