DANAU ES RAKSASA DI PLANET MARS

Badan antariksa Eropa menyiarkan foto yang dikirim kembali ke bumi oleh pesawat penjelajah “Kereta Ekspress Mars”. Gambar foto tersebut mengindikasikan bahwa di sekitar kutub utara planet Mars terdapat sebongkah timbunan es raksasa dengan diameter mencapai 8 mil (12,8 km). Dengan ditemukannya timbunan es raksasa ini, kembali menyulutkan harapan ilmuwan akan keberadaan kehidupan di planet Mars, dan diprediksi akan mendorong percepatan rencana membawa awak mendarat di planet Mars.

  

Dari gambar foto diketahui bahwa timbunan es tersebut terletak di dalam sebuah lubang batu meteorit di “dataran lembah kutub utara” planet Mars. Karena suhu dan tekanan udara di planet Mars ekstrem rendah, sehingga es tidak mencair sepanjang tahun. Foto yang disiarkan badan antariksa Eropa bahkan memperlihatkan, bahwasannya di ujung kubangan meteorit dan di atas dinding lubang dengan kedalaman kurang lebih dua km yang terjauh dan berdiameter kurang lebih 35 km juga terdapat bekas timbunan es.

 

Ilmuwan dari badan antariksa tersebut menuturkan, bahwa materi seperti timbunan es dalam foto tidak mungkin karbondioksida yang beku, sebab waktu pengambilan foto-foto dari “Kereta Ekspres Mars” kebetulan bertepatan dengan akhir musim panas di planet Mars. Sebelum memasuki musim ini, semua karbondioksida sudah lebih dulu mengalami penguapan. Di permukaan planet ini terdapat ngarai dan dataran yang terpisah antara gletser dan sungai, namun sebagian besar air sudah lenyap sejak miliaran tahun silam. (Sumber: Erabaru.net).

Planet Mars.

Perbandingan Bumi (kiri) dan Mars (kanan).

Planet Mars di dalam sistem Tata Surya. Dari kiri kekanan: 1. Matahari, 2. Planet Mercuri, 3. Planet Venus, 4. Planet Bumi, 5. Planet Mars, 6. Planet Jupiter, 7. Planet Saturnus, 8. Planet Neptune. Sedangkan “Planet” Pluto yang tadinya dianggap sebagai planet ke 9 di dalam Tata surya, kini diketahui bahwa Pluto tidak masuk dalam kategori planet sehingga dikeluarkan dari daftar anggota Tata Surya. Dengan demikian Tata Surya dengan Matahari sebagai pusatnya  dideskripsikan dengan 8 planet saja.

 

Iklan