EKSPRESI MISTERIUS MONALISA

Mona Lisa, atau La Gioconda (La Joconde), adalah lukisan minyak di atas kayu poplar yang dibuat oleh Leonardo da Vinci pada abad ke 16. Lukisan ini sering dianggap sebagai salah satu lukisan paling terkenal di dunia dan hanya sedikit karya seni lain yang menjadi pusat perhatian, studi, mitologi, dan parodi. Lukisan ini dimiliki oleh  pemerintah Perancis  dan dipamerkan di  Musee du Louvre di Paris.

 

Lukisan setengah badan ini menggambarkan lukisan wanita yang tatapannya menuju pengunjung dengan ekspresi yang sering dideskripsikan sebagai enigmatik atau misterius.

Potret diri Leonardo da Vinci  dalam sebuah kapur merah, sekitar tahun 1512-1515.

 

Leonardo da Vinci (lahir di Vinvi,  propinsi Firenze, Italia. 15 April 1452 – meninggal di Clos Luce, Perancis, 2 Mei 1519, pada usia 67 tahun) adalah seorang arsitek, musisi, penulis, pematung dan pelukis Renaisans Italia. Ia digambarkan sebagai arketipe “manusia renaisans” dan sebagai seorang genius universal. Leonardo terkenal karena lukisannya yang piawai, seperti Mona Lisa dan Jamuan Terakhir (The Last Supper).

Lukisan “Jamuan Terakhir” (tahun 1498) yang menggambarkan makan malam terakhir Yesus Kristus bersama keduabelas rasul sebelum kematiannya.

(Sumber: Wikipedia)