BUNG KARNO SUNGKEM KE IBUNDANYA !

BUNG KARNO

Presiden RI pertama, Proklamator  Kemerdekaan Republik Indonesia, Ir Soekarno, sedang sungkem ke ibundanya, Ida Ayu Nyoman Ray, yang berasal dari Singaraja, Bali.

Nama lahir Soekarno adalah  Koesno Sosrodihardjo (lahir di Surabaya, Jawa Timur, 6 Juni 1901, meninggal di Jakarta 21 Juni 1970 pada usia 69 tahun), namun karena ia sering sakit maka ketika berumur 5 tahun namanya diubah menjadi Soekarno oleh ayahnya.

–                    

Nama Soekarno diambil dari seorang panglima perang dalam kisah Bharata Yudha yaitu Karna. Nama “Karna” menjadi “Karno” karena dalam bhasa Jawa huruf “a” berubah menjadi “o” sedangkan awalan “su” memiliki arti “baik”.

Ayah Soekarno, bernama Raden Soekemi Sosrodihardjo yang mengawini  Ida Ayu Nyoman Ray. Keduanya bertemu ketika Raden Soekemi yang merupakan seorang guru ditempatkan di Sekolah Dasar Pribumi di Sigaraja, Bali. Nyoman Rai merupakan keturunan bangsawan dari Bali dan beragama Hindu, sedangkan Raden Soekemi sendiri beragama Islam. Mereka telah memiliki seorang putri yang bernama Sukarmini sebelum Soekarno lahir. (Sumber: Wikipedia).  

Iklan