METEORID MENGHUNJAM RUSIA !

1. M

Sebuah meteorid Jumat pagi (15/2/2013) melintas seperti kilat di angkasa pegunungan Ural Rusia, dan pecahannya jatuh di daerah berpenduduk jarang di daerah Chelyabinsk, yang menyebabkan ledakan tajam. Sedikitnya  1.100 orang dilaporkan cedera dan lebih dari 3.000 bangunan mengalami kerusakan akibat ledakan meteor tersebut.

Video amatir yang ditayangkan televisi Rusia menunjukkan benda yang melintas cepat di angkasa kira-kira pukul 9:20 pagi waktu setempat, meninggalkan jejak awan putih yang tebal dan sinar seperti kilat yang pijar.

Menurut laporan NASA  ukuran meteorid itu sekitar 17 meter dengan berat sekitar 10.000 ton serta dan mengeluarkan energi mendekati 500 kilotons.

Ledakan meteorid terbesar yang pernah terjadi  di Rusia yaitu ketika sebuah meteor menghantam Tungusta, Siberia, pada tanggal 30 Juni 1908, yang menyebabkan musnahnya hutan seluas  2.000 km. (Sumber: Voaindonesia, NASA, Foxnews, Wikipedia).

2. M 

Sebuah meteor (jejak gas bercahaya yang berasal dari meteoroid) tampak melintas   diatas sebuah desa Bolshoe Sidelnikovo, 50 km dari Chelyabinsk. Seperti telah diberitakan bahwa sebuah meteor melesat di langit melewati pegunungan Ural Russias pada hari Jumat pagi (15/2/2013), menyebabkan ledakan yang tajam dan dilaporkan melukai sekitar 1.100 orang, termasuk banyak terluka oleh pecahan kaca bangunan.

3. M

4. M

5. M

Sebuah lubang melingkar tampak  di lapisan  es yang menutupi Danau Chebarkul di mana  dilaporkan sebuah meteor menghunjam danau tersebut dekat Chelyabinsk, sekitar 930 mil timur Moskow, Rusia.

6. M

Dalam foto ini, terlihat beberapa pekerja kota memperbaiki kerusakan sirkuit listrik di luar sebuah bangunan pabrik seng yang atapnya runtuh sekitar 6000 meter persegi setelah sebuah meteor meledak di atas wilayah Chelyabinsk, Russia.

 

7. M

8. M

Foto diatas adalah  hasil foto dari Soviet Academy of Science yang melakukan ekspedisi di Tungusta, Siberia, tahun 1927, yang dipimpin oleh Leonid Kulik. Pada foto tampak bekas pepohonan roboh akibat ledakan meteorid terbesar yang pernah terjadi  di Rusia yaitu ketika sebuah meteor menghantam Tungusta, Siberia, pada tanggal 30 Juni 1908, yang menyebabkan musnahnya hutan seluas  2.000 km.

 –

9. M

Area pusat ledakan meteoroid 1908 di Tungusta, difoto pada tahun 2008, yang telah menjadi sebuah rawa.  

METEROID, METEOR DAN METEORITE

10. M

Meteoroid merupakan partikel kecil yang terlepas dari komet ataupun asteroid. Persatuan Astronomi Internasional pada sidang umum IX pada 1961 mendefinisikan meteoroid sebagai berikut :

“Sebuah benda padat yang berada/bergerak dalam ruang antar planet, dengan ukuran lebih kecil daripada asteroid dan lebih besar daripada sebuah atom atau molekul”

Ketika memasuki atmosfer sebuah planet, meteoroid akan terpanaskan dan akan menguap sebagian atau seluruhnya. Gas-gas di sepanjang lintasannya akan terionisasi dan bercahaya. Jejak dari gas bercahaya ini disebut sebagai meteor atau bintang jatuh. Jika sebagian meteoroid ini mencapai tanah, maka akan disebut sebagai meteorite. (Sumber: Wikipedia)

11. M 

Meteor Leonid, terlihat pada tahun 2009.

12. M 

Meteorite “Willamette” tampak dipamerkan di American Museum of Natural History. Ditemukan pada tahun 1902 di wilayah Oregon, Amerika Serikat. 

Iklan