“MINYAK GORENG SELOKAN” DI CHINA !

1 MINYAK

“Minyak goreng selokan” yang banyak dijual di China biasanya mengacu pada minyak goreng ilegal yang diolah dari minyak goreng bekas di restoran-restoran yang bisa diperoleh di selokan pembuangan limbah minyak goreng bekas. Setelah diolah, minyak bekas ini dijual seolah-olah minyak goreng baru.

Pengadilan Rakyat Lianyugang di Provinsi Jiangsu, China, Rabu (9/10/2013), menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup kepada seorang pria bernama Wang Chengkui yang menjual minyak goreng bekas yang di China dikenal dengan sebutan “minyak selokan” tersebut. Wang mendapat penghasilan setidaknya 10 juta dollar AS dari penjualan minyak goreng bekas itu ke lebih dari 100 perusahaan makanan atau pengolahan minyak di berbagai kawasan di China sejak Januari 2011 hingga Maret 2012.

Tahun 2012 lalu, Pemerintah China telah melakukan operasi penggerebekan produksi dan penjualan “minyak goreng selokan”. Operasi itu berhasil membekuk 100 orang dan memenjarakan 20 orang di antaranya. (Sumber: Kompas.com).

2. minyak

3 MINYAK

Juru masak di sebuah restoran di Cina tampak sedang menggoreng memakai minyak. Boleh jadi minyak goreng yang digunakan berasal dari minyak goreng selokan.

4. MINYAK

Seorang polisi China memeriksa wadah penampungan minyak goreng bekas atau “minyak selokan” dalam sebuah penggrebekan pada 2010.

Iklan