DAILY MAIL : “KEBUN BINATANG SURABAYA TERBURUK DAN TERKEJAM DI DUNIA !”

1. BINBON

Gajah jantan muda ini, salah satu penghuni kebun binatang Surabaya, diperlakukan dengan kejam, ketiga kakinya dirantai sepanjang waktu. Kebun binatang ini manjadi sasaran pertanyaan tentang cara memperlakukan hewan-hewannya.

TEMPO.CO, London – Seekor gajah muda dengan kaki yang terbelenggu oleh rantai, unta kurus yang kelaparan, serta 150 burung pelikan yang berada di dalam satu kandang yang sempit, menjadi beberapa pemandangan menyedihkan di Kebun Binatang Surabaya (KBS). KBS disebut sebagai kebun binatang terburuk dan terkejam di dunia.

Hal tersebut diberitakan oleh Richard Shears, koresponden Daily Mail, situs berita Inggris. Shears mengungkapkan bahwa keadaan KBS membuatnya berduka. “Aku tinggal di dekat pelabuhan Sydney, tempat melihat burung pelikan bersukacita meluncur rendah di perairan Blackwattle Bay. Namun di Kebun Binatang Surabaya, aku hanya bisa menggelengkan kepala putus asa saat melihat lebih dari 150 pelikan berada dalam satu kandang dengan kolam kecil yang membuat mereka tidak bisa mengembangkan sayapnya, terlebih untuk terbang,” tulisnya.

Menurut Shears, tak hanya sekumpulan pelikan yang terlihat menyedihkan. Binatang lainnya pun terlihat sangat mengerikan. “Aku melihat unta kurus hingga memperlihatkan bentuk tulang rusuknya. Seekor monyet Capuchin yang saya jumpai juga terlihat memohon untuk dibebaskan dari kandangnya. Di kandang lain, rangkong badak sedih melihat ke langit biru, mencoba untuk lepas landas dari tempatnya bertengger, tetapi tidak ada ruang untuk mengepakkan sayapnya,” Richard melaporkan.

Menurut Tony Sumampau, mantan anggota tim manajemen KBS, lebih dari 50 hewan telah meninggal dalam tiga bulan terakhir. Bahkan penjaga Kebun Binatang Surabaya lebih mementingkan menjual makanan dan minuman di warungnya ketimbang mengurus hewan mereka.

Keadaan hewan di KBS memang telah menjadi perhatian seluruh dunia sejak kematian seekor jerapah pada 2012. Di dalam perut jerapah ditemukan sekitar 20 kilogram kantong plastik. Bahkan bulan September kemarin, Nanik, seekor orang utan berusia 12 tahun, mati akibat tumor besar yang bersarang di ususnya. Terdapat juga harimau Sumatera yang berada di balik jeruji kandangnya, sakit parah karena saluran pencernaan yang membusuk akibat diberi makan daging berformalin.

Dikabarkan bahwa sebuah tim independen yang dibentuk oleh Departemen Kehutanan Indonesia pernah menyerukan pemindahan hewan di KBS  ke kebun binatang lain. Namun sangat disayangkan, kebun binatang lain justru menolak mengambil binatang dari KBS karena kondisi binatang yang sangat memprihatinkan dan takut binatang tersebut membawa penyakit.

Kebun Binatang Surabaya dididrikan oleh pemerintah kolonial Belanda pada 1916. Merupakan salah satu kebun binatang terpopuler di Indonesia dan pernah memiliki koleksi binatang terlengkap se-Asia Tenggara. (Sumber: Tempo.co).

2. BINBON

3. BINBON

4. BINBON

5. BINBON

Kliwon, satu-satunya jerapah di Kebun Binatang Surabaya mati dengan 20 kilogram plastik di lambungnya. (TEMPO).


6. BINBON

Tulang iga dan tulang rusuk unta yang kurus ini tampak menonjol. Ia sedang makan rumput dalam kandang yang sempit. Richard Shears (wartawan tabloid Inggis “Daily Mail”) merasa depresi melihat kondisi unta tersebut.

7. BINBON

8. BINBON

Monyet capuchin Amerika Selatan ini (atas + bawahnya) tampak memelas di balik pagar kawat kandangnya selama beberapa menit sebelum kembali ke ujung kandang untuk mengambil pisang.

9. BONBIN

Dua gibbon yang tampak murung ini (binatang yang biasanya hidup di pohon) di tempatkan di sebuah “pulau buatan” yang di kelilingi oleh parit. Penempatan yang tidak cocok dengan kebutuhan binatang ini.

10. BINBON

Juru bicara kebun binatang mengatakan bahwa binatang-binatang yang mati disebabkan karena tua dan akibat penyakit.

11. BINBON

Seekor orang utan betina sedang memainkan pena plastik di mulutnya, sementara seekor tikus (bawah kanan) tampak menjulurkan kepalanya keluar dari salah satu dari beberapa lubang tikus.

12. BINBON

Beberapa ekor bekantan (Proboscis monkeys), binatang yang langka, anehnya ditempatkan dalam sebuah kandang penuh rusa, tidak pernah lagi memanjat pohon yang tampaknya sudah mati dan berubah jadi putih.

13. BINBON

Seekor monyet hitam dari Sulawesi (Moor macaque) duduk sendirian di sebuah pulau buatan yang dikelilingi oleh air. Tidak ada pohon untuk memanjat, hanya tampak batang pohon yang ditebang di mana pohon tersebut pernah tumbuh.

14. BINBON

Harimau Sumatera ini tampak mengerang di balik jeruji kandangnya yang kecil terbuat dari tembok batu. Setahun yang lalu seekor harimau mati karena saluran pencernakannya membusuk akibat diberi makan daging berformalin.

                                                                             –

19. BINBON

Kandang harimau bertembok batu yang kelihatan kosong ketika di kunjungi oleh reporter Daily Mail, ternyata terdengar auman harimau dari balik jendela jeruji.

15. BINBON

Seekor kuda nil Afrika berendam di sebuah kolam yang airnya kotor yang berada di kandangnya. Sungguh ironis, namanya Joy (sukacita), padahal lingkungannya sangat suram.

16. BINBON

18 ekor rusa ditempatkan di sebuah kandang berukuran kira-kira 10 meter x 10 meter. Di alam liar kawanan hewan ini hidup di kawasan yang luas.

17. BINBON

Satu kandang di isi penuh dengan campuran burung bangau dan burung ibis, sementara yang lain 150 ekor pelikan berdesakan dalam satu kandang.

18. BINBON

Burung pelikan besar yang bisa memiliki sayap sampai 3 meter lebih, berebut kolam yang kecil di dalam kandangnya. Satu kandang terdapat 150 ekor burung.    

20. BINBON

Ketika seekor jerapah mati, pengurus kebun binatang mendirikan tempat untuk memamerkan kerangkanya dengan sangat sederhana.

21. BINBON

Wartawan (reporter) situs Daily Mail, Richard Shears, yang mengungkapkan keadaan Kebun Binatang Surabaya yang memprihatinkan.

Sumber foto dan keterangannya : Dailymail