MANTAN PM ISRAEL, ARIEL SHARON, MENINGGAL DUNIA

1. AS

Mantan Perdana Menteri Israel, Ariel Sharon, meninggal pada usia 85 tahun pada Sabtu 11 Januari 2013. Sharon meninggal dalam perawatan di rumah sakit Sheba Medical Center di luar ibu kota Tel Aviv.

 

Selama delapan tahun, Sharon dirawat dalam keadaan koma setelah terserang stroke pada awal tahun 2006. Perdana Menteri Israel periode 2001-2006 ini pun mengembuskan napas terakhirnya di rumah sakit tersebut.

 

Ariel Sharon bertanggung jawab pada tragedi pembantaian Qibya pada 13 Oktober 1953 di mana saat itu 96 orang Palestina tewas oleh Unit 101 yang dipimpinnya dan pembantaian Sabra dan Shatila di Libanon pada 1982 yang mengakibatkan antara 3.000 – 3.500 jiwa terbunuh. Tindakannya menyebabkan Dunia Arab murka dan menjulukinya sebagai “Tukang Jagal dari Beirut”.

 

Bagi kebanyakan orang Israel, Sharon merupakan seorang prajurit yang heroik, setelah memimpin kampanye dalam perang 1967 dan 1973. Ia mengawali karier di militer Israel pada tahun 1953. Sharon membantu mendirikan sebuah unit komando elite dan akhirnya dipromosikan menjadi mayor jenderal. Namanya mulai melejit sejak tahun 1967 setelah Perang Enam Hari, yang berakhir dengan Israel memperluas wilayahnya.

 

Sebuah penyelidikan resmi Israel menemukan Sharon secara tidak langsung bertanggung-jawab atas pembunuhan sebanyak 3.000 orang Palestina di kamp-kamp pengungsi Sabra dan Shatila di luar Beirut, Lebanon, pada September 1982. Laporan yang menyebabkan pengunduran diri Sharon sebagai Menteri Pertahanan (1981 – 1983). Laporan itu menyebutkan bahwa ia yang menjabat Menteri Pertahanan Israel, tak melakukan langkah apa pun untuk menghentikan milisi Kristen yang bersekutu dengan Israel untuk memasuki kamp dan melakukan pembantaian keesokan harinya.

 

Periode 19841990, ia kembali memasuki kabinet dan menjabat sebagai Menteri Industri dan Perdagangan. Setelah itu, selama dua tahun, ia menjadi Menteri Perumahan dan Konstruksi. Periode Juli 1996-Juli 1999, ia menjabat sebagai Menteri Infrastruktur Nasional dan sebagai Menteri Luar Negeri (Oktober 1998-Juli 1999). Pada sidang Knesset bulan Mei 1999, ia terpilih sebagai Ketua Partai Likud menyusul mundurnya Perdana Menteri Benjamin Netanyahu. Karier politiknya mencapai puncak ketika ia terpilih menjadi Perdana Menteri Israel pada Februari 2001.

Setelah ia jatuh sakit hingga koma pada awal tahun 2006, kekuasaannya dipindahkan ke Wakil Perdana Menteri Ehud Olmert. (Sumber: Tempo.co, Wikipedia, dan sumber lainnya).

2. AS

3. AS

4. AS

5. AS

Para jenderal angkatan bersenjata Israel memberi hormat di hadapan peti jenazah mantan PM Israel di Kenesset Plaza, di Jerusalem.

6. AS

7. AS

Para pekerja sedang menyiapkan liang kubur bagi mantan PM Ariel Sharon di sebelah makam isterinya, Lili Sharon, di Havat Hashikmim, Israel.

 

8. AS

Ariel Sharon (tengah)  bersama Moshe Dayan (kiri),  sedang berada di bagian barat Terusan Suez, saat perang Yom Kippur(perang yang terjadi pada tanggal 6 – 26 Oktober 1973 antara negara Israel yang dikeroyok oleh koalisi negara-negara Arab yang dipimpin oleh Mesir dan Suriah). 

 

9 AS

Sharon bersama anak laki-lakinya, Gilad, dan isterinya, Lily, ketika mengunjungi Mesir tahun 1979.

 

10 AS

11 AS

Jenazah anak-anak Palestina, korban pembantaian di kamp pengungsian Sabra dan Shatrila.

 

12. AS

Jenazah orang-orang Palestina, korban pembantaian di kamp pengungsian Sabra dan Shatrila.

KARIKATUR

1. KAR

1A. KAR

Sumber foto : Dailymail , Theguardian, dll